Bila Mantan Penyiar Ngasih Tips (Dodol)



Sekitar seminggu yang lalu, aku dapet
imel dari salah seorang teman yang
baru aja memutuskan untuk pulang ke Indonesia for good setelah sekian lama bermukim di Perancis.
Yang menarik adalah di dalam imel tersebut dia bilang kalo dia merasa dodol banget
untuk urusan lagu-lagu Indonesia.
Nggak ngerti sama sekali, katanya! Terlalu banyak grup band dan penyanyi-penyanyi baru yang bermunculan nyaris dalam waktu yang bersamaan.



Dan lalu dia inget bahwa aku adalah mantan penyiar di Imelda FM.
Yang dalam anggapannya adalah aku pasti bisa membantunya untuk ngasih tips-tips tentang segala sesuatu yang harus dilakukan supaya dia bisa lebih memahami lagu-lagu Indonesia terkini.

So, I wrote all of these tips to help her out from her ‘dodolism’ about songs.
And I think it’s not bad if I wanna share it with u, guys!

my tips:

1. Sering-sering aja dengerin radio saat berada di dalam kendaraan. Yang penting usahakan untuk selalu memakai mobil yang ada sistem audio-nya! Hindari memilih angkot, bajaj dan jenis-jenis kendaraan lain yang meletakkan audio system sebagai fasilitas nomer dua puluh tujuh.
2. Setelah itu, enjoy the music! minimal ngeh dulu ama nada-nya. Perkara nggak ngerti ttg judul lagu+penyanyinya = gak penting! Tar lama-lama juga bakal ngerti sendiri. Atau kalo mau cepet dianggap sebagai penikmat musik yang luar biasa ya bisa sedikit usaha dengan ng-googling lagu-lagu popular via utube.
3. Tingkatkan selera musik kamu dengan menyetel radio papan atas. Jadi jangan pilih yang berbasis dangdut apalagi keroncong. soalnya, ndesoooo ...
4. Kalau setelah mengikuti tips-tips diatas ternyata kamu masih bolot juga soal lagu-lagu terkini, itu artinya kamu memang kurang berusaha.

Good luck,
Music Director of VR Radio

Photo by. Nuno Fernandes


No comments: