Epidural Anesthesi

Satu hari sebelom ngelahirin Kayla, dengan perut gede karena hamil sembilan bulan lebih beberapa hari, ternyata aku masih mampu nyetir sejauh 75 miles –kira-kira jarak Jakarta-Bandung- untuk jemput suamiku di kantornya karena kami akan berangkat bersama-sama ke Beth Israel Deaconess Medical Centre of Boston. Niatnya sih mo check up kandunganku yang udah overdue satu minggu dari jadwal perkiraan kelahiran.

Yup, aku emang agak kurang kerjaan karena memilih dr.Mimi R.Yum sebagai dokter kandunganku sehingga konsekuensinya adalah tiap kali check up aku harus rela nyetir sekitar satu setengah jam –all the way- dari apartemenku untuk bisa sampai ke rumah sakit tersebut.

Btw, satu setengah jam itu dengan kondisi highway di Route 93 loh, ya. Jadi kalo diukur pake kondisi jalan tol di Indonesia, yah… mungkin kira-kira aku bolak-balik Bandung-Cirebon hanya untuk periksa rutin kehamilan yang berlangsung ‘cuma’ sekitar 10-15 menit itu.

So, keputusanku untuk ngelahirin di Boston –khususnya di Beth Israel Medical Centre- lebih karena disebabkan oleh reputasi sang hospital yang notabene merupakan teaching hospital Harvard Medical School dan punya gelar ‘The Best Hospital’ kah?

Ato karena aku lebih nyaman diperiksa ama dokter kandungan cewek (!) dan berdarah Asia –dr.Yum keturunan Korea- yang ternyata susah aku dapetin di Manchester ato Concord?

… well, kalo mo tau alasan sesungguhnya sebenarnya simple aja.

Karena dari semua dokter yang aku telponin –berdasarkan panduan dari buku Blue Cross Blue Shield, asuransi kesehatan yang kami pakai- ternyata cuma Mimi Yum satu-satunya dokter yang saat itu bisa menerima aku sebagai pasien barunya.

Sementara dokter kandungan laennya –yang berpraktek di Boston- rata-rata udah fully booked -sampai dua tahun ke depan- jadi udah nggak nerima pasien lagi.

Sempet bete juga, sih. Tapi ya udah lah, gak pa pa.
Toh ternyata aku cocok juga ama dr.Yum yang baek itu ...

Ceritaku sampe mana tadi?
Sampe ke bagian aku nyetir sendiri dengan perut gede, kayaknya …
Nah, kira-kira kalo aku hamil di Indo, bakalan bisa ‘bebas’ kayak gitu nggak, ya?

Kayaknya nggak mungkin, deh.
Karena para 'sesepuh' pasti bakalan ribut dan khawatir.

Tapi nyatanya, saat itu aku baek-baek aja, tuh.

Buktinya, aku selamat sampai di hospital dan disarankan untuk rawat inap dan harus diinduksi biar bayinya keluar.
"Takut si bayi keracunan kalo kelamaan di perut", kata si dokter.

I know, Doc! , batinku geli.
Soalnya aku emang nggak ngaku kalo Dokter.

Trus, pas masuk pembukaan 4 aku udah mulai panggil-panggil Suster Anne minta dicariin anesthesiologist untuk ngelakuin epidural anesthesi. Soalnya biar gak sakit klo pas kontraksi ..
huhuhu, rada curang, memang!

Dan begitulah, alhasil sepanjang malam aku bisa tidur nyenyak meskipun kontraksi terus berlangsung sampe pembukaan 9.5! ...
Jadi waktu pembukaan lengkap, aku bener-bener harus patuh ama instruksi dokter dan suster kapan saatnya mengejan dan kapan saat ambil napas karena kontraksinya nggak berasa sama sekali. hohoho, ternyata asik juga ngelahirin tanpa rasa sakit, ya?

Foto. waktu hamil Kayla (2002)

No comments: