Sassy Apron


Sassy Apron ini memang merupakan project ambisius untuk seseorang yang baru dua minggu belajar pegang mesin jahit (dimana bahkan untuk masang benang aja nggak bisa sampai harus riset dulu via youtube biar ngerti caranya). Sedangkan bagi yang berpengalaman, bikin celemek kayak begini mah gampang lah, ya. Sambil merem pun jadi.

Itulah sebabnya di awal tadi saya bilang ambisius karena terbukti dari percobaan pertama yang gagal dimana ukuran apron saya ternyata kurang lebar. Jadi paha dan panggul saya keliatan aja gitu. Ehk. 'Ini celemek apa taplak, sih?', pikir saya. Dan setelah ditelusuri ternyata kesalahannya sepele. Yaitu karena saya meletakkan waistband pada bidang 18" padahal seharusnya 22".

Jadi pesan moralnya: ambisius boleh asal bikin polanya yang teliti.

Di bawah ini saya sertakan beberapa langkah cara membuatnya. Tapi untuk versi yang lebih lengkap, silakeun klik blog-nya Jona aja, ya. Saya belajar dari sana, soalnya. Oh, dan jangan lupa: sebelum motong-motong dan apalagi ngjahit-jahit si kain, sebaiknya baca dulu tutorial (milik Jona itu) sampe jereng. Semata-mata biar nggak salah gunting atau keliru penempatan aja. Kayak saya. Kecuali kalau memang pada niat mau bikin taplak loh, ya.

SASSY APRON
BAHAN.


- 0.5 m kain (untuk ikat pinggang)
one fat quarter** (untuk body)
** kalau menurut hasil riset saya: one fat quarter itu sama dengan 18"x22" yang jika disentimeterkan menjadi 46cmx56cm. Tapi terus terang, lebar kain yang saya pakai untuk body (pada foto diatas) adalah sekitar 60cmx47cm. Intinya: nggak usah terlalu perfect. Cari aja ukuran ngpas badan masing-masing.

CARA.
Kain 0.5 meter dipotong memanjang jadi tiga buah dengan ukuran lebar @15cm. Tip: mengikuti petunjuk dari Jona, kain saya potong sekitar 2cm, kemudian saya sobek memanjang. Selain mempercepat waktu pengerjaan (ketimbang motong pake gunting), kain juga nggak terlalu mbrudhul.



Ambil satu buah kain ukuran 15 cm, potong sesuai dengan lebar body apron. 


Kedua kain tersebut dijahit. Diseterika ke arah luar. Trus di-top stitch.
Detail caranya, silakeun ke blognya Jona.





Sekarang kita bikin ikat pinggangnya.
Potongan kain dengan lebar 15 cm disambung dengan cara dijahit. 



Habis itu ikat pinggang ditempel di body apron. Detail caranya, silakeun ke blog-nya Jona. Dia jauh lebih bisa mendeskripsikan langkah-langkahnya dengan lebih mudah. Kalau versi saya, complicated. ^^




Setelah semua pieces terjahit sempurna, sekarang saatnya untuk menyeterika seluruhnya sampai licin. Dan kemudian pose! Buat bahan postingan.


Happy sewing,
Vina Revi