Melipat&merapikan kain, like a pro


Jika kalian menyukai sewing craft (yang tentunya berhubungan erat dengan minat belanja kain yang juga cukup besar), pasti akan paham dengan situasi dimana ruang kerja kalian menjadi super duper berantakan oleh tumpukan kain yang acak adul nggak jelas.

Kayak begini:


ps. Suasana lintang pukang diatas beneran terjadi di craft room saya karena seminggu terakhir ini saya keasikan membuat berbagai macam kreasi sehingga nggak sempet beberes. Intinya: jadi bukan karena saya dengan sengaja mengamburadulkan tumpukan kain demi ilustrasi postingan. Ehk. Just saying. 

Maka semalam saya pun meluangkan waktu sejenak untuk merapikan tumpukan kain yang beneran asli bikin mata sepet itu. Sepet, lima, enam, tujuh. Karena basically, saya paling nggak tahan melihat suasana berantakan. Bagi yang nggak percaya dengan pernyataan barusan, silakeun check gudang saya ini. *halagh, ujungnya promo aja*

Dan setelah ngdeprok selama kurang lebih dua setengah jam, maka inilah hasilnya:



TADAAAAAA ....!!!

Bagi yang tertarik untuk melakukannya juga, berikut ini yang dibutuhkan:
1. Penggaris dengan lebar minimal 10cm (bisa diperoleh di craft store atau toko buku).
Note. Tidak disarankan memakai potongan dus atau buku atau semacamnya meskipun bentuknya melebar. Karena berdasarkan pengalaman, kedua benda tersebut dan atau sebangsanya agak sulit untuk digeser-geser diantara lipatan kain.
2. Gunting
3. Niat dan kemauan yang cukup besar

Cara.
Berhubung saya paling susah disuruh nerangin, maka ini saya selipkan foto step by stepnya. Semoga dengan foto ini, keterangan saya yang mungkin (nantinya) terdengar belibet akan lebih mudah dipahami.


Jadi intinya adalah ambil kain yang akan dilipat/dirapikan. Gunting bagian kain yang sekiranya nggak bisa dipakai lagi. Letakkan penggaris diatas kain yang akan dilipat secara vertikal. Lipat kain membungkus penggaris. Keluarkan penggaris dari kain tanpa merubah lipatannya. Kemudian posisikan penggaris secara horizontal. Lipat kain mengikuti penggaris. Keluarkan penggaris. Dan maka akan terbentuk lipatan-lipatan kain dengan lebar yang seragam.

Happy folding!