Chicken Katsu 'adaan'

Chicken Katsu yang ini beda dengan resep kebanyakan karena di dalamnya ada isinya. Maka saya sebut 'adaan'. Karena 'ada' isinya aja gitu, pan. Maka adaan lah jadinya.

Btw, di resep asli sebenarnya disuruh digoreng. Tapi karena hampir lebih dari empat tahun belakangan ini kami berusaha mengurangi minyak, maka finishingnya saya oven aja. Ternyata hasilnya tetep enak dan renyah. Berminat nyobain? 

Maka inilah.
Semoga bermanfaat.



CHICKEN KATSU ADAAN
4 potong fillet dada ayam 
2 butir telur
100 gr tepung panir putih kasar
minyak untuk menggoreng

Perendam: campur jadi satu
3 sdm kecap jepang (shoyu) --kalo nggak ada boleh diganti kecap asin biasa--
2 sdm mirin 
1 siung bawang putih, cincang

Isian (adaan-nya):
25 gr margarine
150 gr jamur kancing, iris tipis (kalo pake yang kalengan, tiriskan, lalu iris tipis)
20 gr tepung terigu
200 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
50 gr keju cheddar, parut (saya pake Monterey Jack Cheese)

CARA.
1. Iris melintang fillet dada ayam menjadi 2 bagian melebar tapi jangan sampai putus. Pukul-pukul dengan pemukul daging supaya daging agak tipis (saya pake rolling pin aja. Soalnya nggak punya pemukul daging). Campur dengan bahan perendam, biarkan minimal 30 menit biar bumbu meresap.
2. Isi: panasin margarin dalam wajan, tumis jamur sampai lau, masukkin tepung terigu, aduk. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan pengocok kawat agar tidak berbutir-butir. Bubuhi garam, merica dan keju, aduk rata, angkat. Bagi adonan menjadi 4 bagian.
3. Bentangkan fillet ayam, taruh 1 bagian adonan isi diatasnya. Katupkan sehingga isi terletak di tengah.
4. Kocok telur asal campur (kocok lepas). Celupkan fillet ayam isi ke dalamnya, lalu gulingkan ke dalam tepung panir hingga rata. Lakukan dengan hati-hati agar isi nggak berantakan.
5. Panaskan oven 180 C. Tata fillet ayam di dalam loyang. Beri jarak diantaranya. Panggang selama 30 menit atau sampai matang. Potong-potong setebal 2 cm, sajikan.

Happy cooking,
Vina Revi

ps. Resep dari buku Seri Masak Femina PRIMARASA, Lunch Box Lezat & Praktis, Jan 2005, hal 8



No comments: