bikin SIM di amrik

sungguh, kerasa banget bedanya antara bikin SIM di Indo ama di amrik.
klo di Indo nih, udah ada 'calo resmi' yang akan menjamin bahwa dalam satu hari proses pembuatan SIM tersebut nggak akan berbelit-belit.
kita nggak perlu belajar untuk ngerjain soal-soal lalu lintas, nggak perlu driving test ... dan voila! tinggal duduk manis nunggu panggilan untuk difoto ... beres, deh!
SIM bisa dikantongin hari itu juga.

sementara klo di amrik?
jangan harap bisa dapet SIM klo gak mau belajar ...

contohnya aku nih, yang harus ikhlas ngulang dua kali saat ujian SIM di New Hampshire, USA.

ya.ya.
aku di-her saat ujian SIM ...
malu-maluin banget ya?
abisnya masa sih bikin SIM aja sampe ngulang? harus ng-her?

padahal gara-garanya sepele.
karena aku sama sekali gak (mau) baca buku panduan tata tertib berlalu lintas ala amerika.
aku pikir, 'ujian SIM inih. pasti soal2nya juga gampang lah. bisa dipikir pake logika' ...
ternyata, 'teori logika'ku gak kepake sama sekali klo udah menyangkut bikin SIM di amrik!


bayangin aja, pertanyaan2 di ujian tertulisnya itu berkisar soal pengetahuan yang emang harus kita pelajari dari buku!
misalnya, 'mulai dari jam berapa lampu mobil harus dinyalain saat winter?'
ato, 'berapa kandungan alkohol dalam darah yang diijinkan jika Anda mengemudi?'

or try this ...
'berapa kecepatan maximal dalam school zone?'

a. 20 mph

b. 25 mph

c. 30 mph

d. 35 mph

(please, feel free untuk nebak yang mana jawabannya. sekalian ng-test SIM kalian valid ato gak. tapi syaratnya: gak boleh ng-Google loh,ya!) ...

alhasil, waktu baca soal-soal tersebut, pucat pasi lah aku ...
mene ge tehe jawaban apa yang bener klo gak pernah baca buku panduannya?
hikz! hikz! ...
meskipun tipe soalnya adalah multiple choice -pilihan ganda-, tapi aku yakin bahwa tim penilai dari DMV -Division of Motorvehicle- of New Hampshire pasti akan tau bahwa aku ngawur
ngisinya.

dan ternyata emang demikian adanya.
terbukti dari 50 soal yang diujikan, total error-ku ada 4 biji!
jadi aku kudu ngulang, karena batas maximal kesalahan 'cuma' 3 nomer ....
TIDAAAAAKK! ...

klo dipikir-pikir, bete banget gak, sih?
masa cuma gara-gara salah 3 nomer, aku harus ngulang ujian SIM minggu depan?

hikz, tapi rule is rule (meskipun udah pake acara tebar pesona segala ke si bule brondong yang ngoreksi lembar jawabanku). jadi meskipun gondok, aku harus balik lagi minggu depan ke DMVnya New Hampshire klo emang masih pengen dapet SIM.

dan akhirnya selama seminggu di rumah, sebelom balik lagi untuk ketemu ama Mr.bule brondong -yang-tak-berhati-nurani-itu-, aku bener-bener belajar.
mulai dari baca buku 'drivers manual' and 'safety guide' warisan suamiku -dulu dia ujian SIM di Boston, MA- sampe browsing2 internet nyari info yang berkaitan ama lalu lintas.
karena aku bener-bener gak sudi klo disuruh ngulang lagi!


setelah mengikuti ujian tertulis yang kedua dengan hasil memuaskan karena jawabannya betul semua (yay!), akhirnya aku diijinkan ikut driving test (alhamdulillah, aku dikasih polisi penguji kira-kira berumur lima puluhan gitu yang ternyata baeknya minta ampun. buktinya waktu ng-test cara parkir, aku cuma disuruh maju mundur doang, gak pake ditest gimana parkir paralel! padahal kalo si polisi mau sih aku hayo aja. pan di Indo udah belasan taun pegang mobil. yang belom emang cuma ujian tertulisnya aja, Oom!huhuhu) dengan diajak muter-muter kota Concord -ibukota pemerintahannya New Hampshire- selama kurang lebih empat puluh menit.

sementara suamiku dan Kayla -yang saat itu baru berumur empat bulan- setia nungguin di
lobby kantor DMV of New Hampshire sambil berharap-harap cemas aku bakal lulus driving test ato gak.

dan hasilnya adalah ...


i got New Hampshire Drivers License!!!!
yay for me ...

No comments: