Ikan Bakar Cianjur

Mengolah ikan menjadi sebuah lauk boleh dibilang gampang-gampang susah.
Selain ribet proses persiapannya -mulai dari menghilangkan sisik ikan sampai membuang jeroannya supaya nggak pahit kalo udah dimasak-, seorang chef juga dituntut untuk mampu menyajikan ikan tanpa bonus rasa amis.

Karena kebetulan aku nggak jago masak ikan –dan juga masakan-masakan lainnya, sebenernya-alhasil tiap kali pengen makan ikan aku selalu pergi ke Ikan Bakar Cianjur di daerah Setiabudi Bandung. Selain praktis, harga makanannya juga nggak mahal. Worth it lah.

Menu favorit-ku klo makan di Ikan Bakar Cianjur adalah Nasi Liwet, Sup Serawung Ikan Nila (aku jarang pilih ikan Gurame karena duri ikan Nila jauh lebih besar. Jadi aman buat Kayla.) plus Tahu Tausi.

Nasi liwetnya empuk, gurih, enak! Apalagi ada tambahan ikan teri di dalamnya. Mmh, mantap banget! Sementara sup serawungnya terasa fresh. Kemanginya berasa. Tomat yang udah diiris kecil-kecil dan dicemplungin di dalam sop tersebut juga masih crunchy. Dan yang jelas, ikan Nila-nya sama sekali nggak amis! Rasa gurih dari kuahnya TOP abis ...

Gimana Tahu Tausi-nya? Awalnya aku tuh paling enggak suka makan makanan berbumbu tausi. Tapi entah kenapa, sejak nyicipin tausi-nya Ikan Bakar Cianjur, waaks ... jadi ketagihan! Langsung doyan seketika.

Seriously, buat Anda yang mungkin ada rencana untuk ber-longweekend di Bandung, nggak ada salahnya mampir makan di Ikan Bakar Cianjur. Dijamin puas!

Oya, daftar harga dari menu-menu favoritku di atas adalah:
Nasi Liwet (4-6 orang) = Rp 25.000,00
Sop Srawung Ikan Nila = Rp 37.000,00
Tahu Tausi = Rp 9.500,00

No comments: