Si Ringkih Reunian

Saat masih kecil aku tergolong sakit-sakitan. Dalam sebulan bisa 2-3 kali Mama membawaku kontrol ke dokter spesialis anak. Mungkin itu sebabnya sampai hari ini aku nggak akan pernah bisa lupa dengan Dokter yang sangat baik dan sabar tersebut.

Aku biasa memanggilnya dengan sebutan Oom Oemar.
Dulu beliau adalah satu-satunya dokter spesialis anak (yang terbaik) yang ada di Purwokerto (Jawa Tengah). Ya, aku memang menghabiskan masa kecilku di kota yang terkenal dengan keripiknya itu karena kebetulan Papa berdinas disana sebelum akhirnya beliau dipercaya untuk memegang Rumah Sakit Kariadi Semarang.

Dan siapa yang bisa menebak rencana Allah jika akhirnya berpuluh-puluh tahun kemudian, di belahan dunia yang lain -yang amat sangat jauh dari Purwokerto- ternyata aku bisa bertemu dengan salah satu putri Oom Oemar yang saat ini sedang mengikuti suaminya yang menjadi Atase Pertahanan di KBRI Seoul?

Again and again, what a small world!

Awalnya memang m’Mia yang memberiku info bahwa m’Rory, nama putri Oom Oemar ini, ada di Seoul. Jelas aja aku kegirangan dikabarin begitu! Karena selain bisa reunian dengan teman lama –kalo nggak salah inget, dulu aku dan m’Rory memang sering main bareng saat ada acara perkumpulan keluarga anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang Purwokerto-, aku juga merasa surprise karena kok tau-tau bisa reconnect ke dokter Oemar yang notabene udah puluhan tahun nggak pernah aku temui lagi sejak aku berubah menjadi sehat sentosa dan jarang sakit.

Dan begitulah, beberapa waktu yang lalu saat ada undangan kumpul-kumpul dari KBRI Seoul, akhirnya aku bisa ngobrol seru ama m’Rory (yang berbaju batik di foto sebelah ini) di sela-sela acara. Termasuk diantaranya adalah bercerita tentang oom Oemar yang sampe detik ini masih sibuk praktek (wow!) –padahal usia beliau sudah 70an-, kuat nyetir sendiri kemana-mana (jadi inget para senior citizen di Amerika yang sering aku lihat dengan pede seratus juta driving sendirian di highway), masih nyempetin untuk mengajar di Fakultas Kedokteran-nya Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) … etc.

Bravo, Oom! Salut. Salut.

Dan yang jelas, aku bahagia banget karena menemukan satu lagi saudara saat berada di negeri orang. Apalagi m’Rory udah mewanti-wanti agar segera dikabari saat aku melahirkan nanti (insya Allah sekitar 2 minggu lagi). Duh, tawaran tersebut bener-bener bikin hati ini adem …

Btw, foto di bawah ini adalah foto Dubes RI untuk Seoul saat berpose dengan (sebagian) mahasiswa S2 dan S3 Konkuk University. Yeah, right. Nggak, deng! Boong. Yang duduk di sofa itu m'Agus -suamiku-, Kayla dan tentu saja: aku!

No comments: