(The Real) Homecoming Day dan Proses Labor Keiva

Horeeee!
Akhirnya Keiva dibolehin pulang ke rumah hari Sabtu (14 Juni 2008) kemaren.
Terima kasih, ya Allah …

Bobot Keiva saat discharge naik 20gr. Berarti apetite Keiva okay banget dan usahaku memerah ASI setiap hari (pake bonus backpain segala!) selama Keiva nginep di NICU nggak sia-sia.

Tapi sejak awal, proses kelahiran Keiva memang nggak merepotkan. Mulai dari tanggal brojolnya yang maju dua minggu (menurut perhitungan dokter, seharusnya due datenya 24 Juni yang ternyata ditolak oleh Keiva karena dia memilih untuk keluar tanggal 9 Juni) sampai proses mules-mules yang berlangsung nggak lebih dari dua jam.

Senin, 9 Juni 2008
05.20 pm

Saat ke kamar mandi untuk melakukan number one (pipis), ternyata aku menemukan bercak darah di tissue. Oopssie! Pantesan dari pagi perutku berasa kenceng gitu. Terus aku langsung nelpon m’Agus untuk koordinasi. Untung suamiku belum berangkat ke City Hall buat les bahasa Korea dan masih stand-by di kantor. Sip lah!

Sehabis nelpon m’Agus untuk janjian ketemu di Emergency-nya Konkuk University (KU) Hospital (yang cuma berjarak sekitar 500m dari kantor m’Agus), aku langsung nyiapin Kayla. Soalnya dia belum mandi. Masih bau kecut!

Selama Kayla mandi, aku beres-beres rumah sedikit. Biasalah, soalnya habis diporakporandakan ama Kayla. Yang bed cover dibikin rumah-rumahan lah, boneka dijejer di atas kitchen table (dijadiin customer di restoran Kayla, katanya!), spidol dan kertas2 berserakan di lantai –sisa menggambar- etc. Makanya, aku memutuskan untuk ng-touch up suasana rumah sebelum berangkat ke Emergency. Maksudnya sih biar ntar sepulang dari rumah sakit -dengan kondisi sehabis melahirkan-, aku nggak pusing ngeliat rumah yang hancur total …

06.15 pm
Aku dan Kayla tiba di Emergency KU Hospital. m’Agus udah nunggu di lobby. Trus abis itu langsung registrasi sementara aku langsung ditaruh di salah satu bed di ER. Setelah diperiksa ini itu di ER, sekitar dua jam kemudian aku dipindah ke lantai 3, ke ruang delivery.

08.30 pm
Delivery Room

m’Agus dan Kayla pulang sebentar ke rumah untuk ngambil koper yang udah aku siapin di rumah. Saat berangkat ke hospital, aku memang sengaja nggak bawa bondolan. Takutnya kalo nggak jadi beranak hari itu dan disuruh pulang ama dokter di ER. Kan malu juga kalo udah ribet bawa-bawa koper. Lagian rumah deket inih dari hospital …

Jadilah aku ditinggal sendirian di ruang delivery.
Masih sempet telpon Papa Mama dan Bapak Ibu mertua. Ternyata satu jam kemudian, tim sukses (yang terdiri dari Reza, Widi dan Idris –semuanya mahasiswa2nya m’Agus) berbondong-bondong datang menjengukku di lantai 3. Wah, good news spread so fast, ya?

Aku masih bisa berhaha-hihi. Soalnya dokter yang jaga sempet bilang bahwa katanya dr.Gwan udah dihubungin dan (saat itu) dia lagi ada barbeque party dan sempet minum dikit (kebiasaan orang Korea saat pesta ato merayakan sesuatu memang selalu pake bumbu wine dan sebangsanya). Tapi dijamin dr.Gwan nggak mabuk, kata si dokter menenangkan saat aku merespon dengan panik, “What?! Are u trying to say that dr.Gwan lagi mabok?”. Huhu, soalnya gila aja lah kalo tar aku harus diobras ama drunken gynaecologist sehabis beranak …

10.15 pm
m’Agus dan Kayla udah balik lagi ke hospital sambil bawa koper. Reza, Widi dan Idris masih nemenin, nih. Ya udah, kami ngobrol-ngobrol gitu. Tapi kontraksiku mulai sering. Jadi sambil ngobrol, aku sibuk cengar-cengir nahan sakit. Akhirnya sekitar jam 11pm, mereka pamit pulang.

11.15 pm
Kontraksi yang awalnya terjadi setiap 10 menit sekali, mulai berubah menjadi 7 menit sekali. Dan aku sibuk mengingat-ngingat teori Lamaze, nih. Tapi kayaknya sih yang ada cuma panik. Soalnya sakit banget. Maklum, dulu saat ngelahirin Kayla aku memang pake epidural anesthesia. Jadi nggak ngerasain sakit. Sedangkan yang ini? Asking for epidural anesthesia? Forget it, my friend. Eh, tapi setelah dipikir-pikir ternyata nikmat juga ngerasain sakitnya kontraksi, loh …

11.25 pm
Kontraksi makin sering, yaitu tiap 2 menit sekali. m’Agus langsung aku mintain tolong manggil suster. Satu menit kemudian, para suster dan dokter jaga udah sibuk nyiapin segala sesuatunya di delivery room. Mulai dari baby warmer, bed yang dicopotin dan dirubah bentuknya menjadi posisi melahirkan (u know lah) etc. Aku sempet denger si dokter jaga sibuk ngomong di HPnya, “Ye, ye. Chigum. Bla bla bla. Chigum. Ye. Ye.”. Kayaknya sih dia lagi nelpon dr.Gwan.

Buset, dah! Chigum? Sekarang, nih?, batinku. Please, help me God!, doaku dalam hati. Dan lalu entahlah, semuanya terjadi dengan amat sangat cepat.

11.35 pm
Air ketubanku pecah. Sejurus kemudian, aku nggak tahan untuk mengejan. Si dokter jaga udah siap. Dia udah pake baju steril dan mulai membimbingku untuk mengejan. Aku yang makin kesakitan udah out of control gitu. Sampe-sampe aku nggak sadar bahwa ternyata dr.Gwan udah datang dan mengambil alih posisi si dokter jaga. Aku nyadarnya saat denger dr.Gwan bilang, “Yeah, good! Keep pushing!” …

Loh, Dok? Udah nyampe, to? Btw, nggak mabok, kan? Bagi barbeque-nya, dong!

11.55 pm
Dengan 4 kali mengejan, akhirnya proses labor selesai sudah. Diakhiri dengan mengejan sekali lagi untuk mengeluarkan plasenta, tentu saja. Alhamdulillah.

Btw, m’Agus juga pake baju steril karena dia mau memotong tali pusar Keiva. Jadilah selama proses kelahiran nggak ada dokumentasinya sama sekali. Sayang juga sih, sebenernya. Tapi ya sudahlah, nggak pa pa. Soalnya boro-boro saat itu mikirin dokumentasi. Wong buat mikir teknik bernapas aja udah nggak karuan konsentrasinya …

Setelah di-adzan-in ama m’Agus, Keiva dibungkus pake selimut dan ditunjukkin ke aku sebentar buat dicium dan setelah itu, dadah. Keiva masuk NICU, deh.

Selasa, 10 Juni 2008
00.10 am

Dr.Gwan selesai menyulam. Dan kemudian menerangkan kondisiku serta kondisi Keiva.
OK, TQ ya, Dok! Btw, tadi ngobrasnya disisain, kan?

00.30 am
Sibuk nelpon Papa Mama.
Mama sempet komentar, “Ini kamu minum jus cicak ato gimana, sih? Habis ngelahirin kok nggak ada lemes-lemesnya blas dan suaranya masih ng-cling aja?”. Ehk, jadi malu! Lha kalo emang nggak lemes masa aku disuruh pura-pura lemes sih, Ma?
Trus nyoba nelpon Bapak Ibu mertua. Tapi nggak ada yang ngangkat. Kayaknya sih udah pada tidur. Ya udah, besok pagi coba ditelpon lagi, deh.

02.00 am
Setelah dua jam nunggu di delivery room, aku dipindah ke maternity ward. Pfiuh, asik. Bisa istirahat, niy!, pikirku. Yang ternyata nggak sukses! Karena tiap jam aku kebangun. Ya sudahlah. Akhirnya aku begadang berdua ama m’Agus sambil ngobrol-ngobrol. Sementara Kayla udah terlelap dengan nyenyak di tempat tidur khusus penunggu yang terletak di samping bed-ku.

btw, aku juga sempet ng-draft proses kelahiran Keiva ini karena nggak bisa tidur. Sebenernya sih kalo udah fotonya, mo langsung di-publish. Tapi berhubung nggak punya foto sama sekali, ya udah. Minimal bikin draft-nya aja dulu. Blogger sejati, tea! Abis beranak pun kepikiran untuk posting ...



Ya, kehidupan kami kembali berubah sejak tanggal 9 Juni 2008 pukul 11.55 pm.
Terima kasih ya Allah atas segala karunia-Mu …

No comments: