Ayam Barbeque

Kedua anak saya hobby banget pesen Ayam Panggang via InApp 'Yogiyo' (on call delivery service) dari HP saya. Ada gitu lah dua sampai tiga kali seminggu nelponnya. Awalnya sih saya hayuk-hayuk aja. Karena memang ayam panggangnya enak. Tapi ehk lama-lama setelah dipikir-pikir kok ya boros aja kalau setiap kali harus keluar 20.000 Won (sekitar 200 ribu rupiah) untuk satu box ayam panggang dengan porsi 2 orang.

Dan apalagi karena saya hobby masak, maka bisa tahu bahwa satu box itu palingan cuma butuh bahan ayam mentah sekitar 250-300 gr. Intinya: mahal aja. Terutama untuk ukuran emak-emak perhitungan kayak saya. Meskipun harus dibedakan bahwa perhitungan itu tidak sama dengan pelit, ya. Nanti kapan-kapan issue tersebut dibahas di postingan lain aja, deh. Bukan disini.

Maka saya kemudian berusaha mengimitasi citarasa si ayam panggang tersebut. Dan setelah melalui berbagai trial and error akhirnya didapat sebuah kombinasi bumbu yang (menurut saya) cukup merepresentasi citarasa si ayam panggang ala Von's Chicken kesukaan anak-anak tersebut. 

Dan yang paling penting adalah ketika Kayla, si sulung, berkomentar,"Wow! You really are a good cook, Bun. This is better than Von's Chicken." And I was like,"Really??!" Sambil mekrok.

Anyway, ini resepnya.

AYAM BARBEQUE dengan bumbu homemade 

Bahan
6 potong ayam (saya pakai whole chicken legs), atau bisa juga pakai paha atas dan paha bawah
6 encrutan saus tomat (sekitar 1/2 cup)
1/2 cup gula merah (saya pake dark brown sugar)
3 siung bawang putih, haluskan
5 sdm hoisin sauce
1-2 sdt saus cabe (optional)
garam dan merica
1/2-1 sdm minyak (saya pake canola oil, kebetulan lagi kehabisan extra virgin olive oil)

Cara.
1Panaskan oven 180 C. Lumuri ayam dengan garam dan merica. Encrutin minyak diatas ayam. Kemudian panggang ayam selama 10-15 menit.

2 Sementara itu kita bikin saus BBQ-nya. Caranya: saus tomat, gula merah, bawang putih yang udah diulek dan Hoisin sauce dipanaskan diatas wajan pake api kecil. Aduk-aduk sampai mendidih. Matikan api. Sisihkan.

3 Keluarin ayam dari oven. Olesin pake bumbu. Masukkin lagi ke oven. Panggang selama 10 menit. Keluarin. Olesin lagi. Panggang selama 5-7 menit. Gituuuu terus sampai bumbu habis (minimal 3 kali). 


 Kalau bosen makan ayam bbq pake nasi putih, silakeun dinikmati bersama nasi kuning atau nasi uduk. Dua-duanya (si nasi, maksudnya) bisa dimasak pake rice cooker. Lebih praktis. Nggak perlu nyuci panci kukusan, pan. Kenapa? Resepnya? Nasi uduk udah pernah diupload di Random Snippets. Nah, kalau nasi kuning, menyusul ya. Sekarang saya mau bersihin oven dulu. ^^

Happy cooking!

1 comment:

Anonymous said...

m'Vina sudah lihat berita di tv, unggas di Korea lagi diserang virus AI sampai ada himbauan dari pemerintah pada warganya supaya tidak mengkonsumsi ayam dan bebek sementara ini?
semoga anggota keluarga sehat semua ^^