Upcycling Jeans Bekas

Terus terang sejak bisa menjahit, saya hampir nggak pernah membuang jeans bekas lagi. Karena memang banyak yang bisa dilakukan dengan jeans-jeans tersebut. 

Ini beberapa diantaranya.
Enjoy!

1. Book Wallet


Note. Ini bikinnya bener-bener pake perjuangan. Beberapa kali saya harus membongkar pasang jahitan karena saya memilih nggak pake pattern. Jadi memang trial and error gitu. Tapi buat saya justru disitu asiknya. Karena proses kreatifnya jadi lebih berasa. 

Dibawah ini penampakan bagian dalamnya:



Kantung ini niatnya akan digunakan sebagai wadah coin. Tapi ketika udah jadi, ternyata muat dimasukkin iPhone. Ehk. Ya udah, jadi wadah HP aja kalo gitu. 





Wadah alat tulis saya ambil dari bagian dalam kantung jeans (ukurannya lebih kecil, soalnya. Jadi pas kalo mau dijahit disini).


Strapnya saya gunting dari bagian pinggang jeans. Dan saya jahit secara random. Biar lebih artsy.

Hiasan bunga di bagian depan, saya ambil dari jepit rambut Keiva yang udah rusak,. Kebetulan kuntumnya masih bagus. Maka si bunga saya jiplak di atas kain flanel. Lalu hasil jiplakan di flanel saya gunting, trus bunganya ditempel diatasnya. Kemudian dengan memakai lem E600, si bunga saya pasang di bagian depan dompet.

That's it.
Lumayan untuk kerja keras selama empat jam, yes? *termasuk bongkar pasangnya* Fiuuuh ...

2. Patchwork Pouch Bag
Ini project sempurna untuk memanfaatkan kain perca. Memang sih, ya. Harus agak telaten kalo ngerjain patchwork. Dan jujurly sampe detik ini saya belum matang dalam ng-patchwork. Karena tetep aja disana sini masih sering terjadi jahitan patchwork yang mengsle. Ehk. 


Yang ini masing-masing kotak saya potong dengan ukuran 4.5cm. Lalu dijahit dengan lebar jahitan 1/4cm.


Kalo ini potongannya lebih gede-gede. Saya nggak pake ukuran. Jadi bener-bener sambil jalan disesuaikan dengan lebar ristluiting. Ukuran akhir pouch bag: 25 x 17cm.


Nah, kalo yang ini full denim. Nggak ada campuran kain apapun. Ou, bagian dalamnya (lining) saya pake katun biasa, deng. Ukuran akhir pouch bag: 21x16 cm. Ini prosesnya juga bertahap. Itulah sebabnya di bagian ristluiting terpaksa saya tambal karena patchwork yang sudah telanjur saya bikin ukurannya jauh lebih gede dibanding ristluiting yang saya siapkan. Tapi malah kebetulan. Sekalian jadi aksen.


Bagian depan


Jeroannya.

So, that's it.
Semoga menginspirasi.

Happy sewing,
Vina Revi

1 comment:

Liyu A S said...

SANGAT menginspirasi mba Vina... love you sooo muchh