Vanilla Cupcake with Creamcheese Frosting

Sekitar dua tahun yang lalu, secara impulsive saya beli mini cake pan bertema 'Zoo Friends' di Costco. *iya, di Korea ada Costco juga, kok. Bukan hanya di Amerika. Just saying* Mini cake pan ini produksi Nordic Ware, made in the USA. Anyway, selama dua tahun itu pula si mini cake pan nganggur nggak pernah saya buka dusnya, let alone dipake. Ehk. Ini memang bentuk suatu impulsive buying yang sebaiknya jangan ditiru sih, ya.

Tapi akhirnya seminggu yang lalu, ketika saya beberes lemari dapur dan melihat kembali dus berisi mini cake pan ini, saya tergerak untuk memanfaatkannya. Dan ternyata di balik kemasan dus-nya tertera resep Vanilla Zoo Animals. Saya pikir, apa salahnya dicoba? Siapa tahu enak.

Ternyata enak, Sodara.
Cuman memang hasil bakingan saya nggak semulus yang tertera di dalam kemasan. Meskipun bentuk masing-masing hewannya masih keliatan. Sehingga dua pertiga adonan yang masih tersisa saya cetak pake papercup dan dipanggang memakai loyang muffins biasa aja. Lalu karena saya males bikin icing (untuk menghias si animal cake itu tadi), akhirnya saya membongkar resep lama untuk mencari rujukan Creamcheese Frosting.

Maka inilah.
Vanilla Cupcake with Creamcheese Frosting.
Ou, dan btw si animal cake itu akhirnya belum saya hias dengan icing sampe hari ini. Dan kayaknya sih bakal saya gabrukkin creamcheese frosting aja kali, ya. Ehk.


VANILLA CUPCAKE with CREAMCHEESE FROSTING
Bahan cupcake.
2 1/4 tepung terigu
3/4 cup (resep asli memakai 1 2/3 cup) gula 
2 sdt baking powder
3/4 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1 cup butter, suhu ruangan
1 cup sourcream (resep asli memakai vanilla yogurt)
4 butir telur
2 sdt vanilla extract

CARA.
Panaskan oven 175 C.
Di mangkuk ukuran sedang, aduk rata tepung, gula, baking powder, baking soda dan garam. Sisihkan. Di mangkuk besar, mixer butter, sourcream, telur dan vanilla extract. Secara bertahap tambahkan campuran tepung, sambil sesekali pinggiran mangkuk di-scrap. Mixer dengan kecepatan sedang selama 5 menit (di resep asli 1 menit. Tapi berhubung mixer saya ukurannya kecil, jadi saya tambahi sampai 5 menit).

Tuang adonan ke dalam paper cup yang udah ditata di dalam loyang muffins. Isi sampai 3/4 penuh. Panggang selama 18-20 menit. Keluarkan dari oven. Check kematangan dengan cara menusukkan tusuk gigi atau cake tester (bisa dibeli di toko peralatan baking) di bagian tengah cupcake.

Biarkan kue dingin di dalam pan selama 10 menit. Habis itu baru pindahin paper cup diatas cooling rack dan biarkan sampe benar-benar dingin.

CREAMCHEESE FROSTING
Bahan.
450 gr creamcheese
120 gr butter, suhu ruangan
125 gr gula halus (Resep asli memakai 250gr. Tapi berhubung saya udah nggak doyan citarasa kue yang manis legit, maka jumlahnya saya kurangi sampai 50%)
5 ml vanilla extract

CARA.
Cream butter dan creamcheese sampai halus dan rata. Masukkan vanilla. Mixer lagi. Masukkan gula halus. Mixer sampai tercampur rata dan adonan halus.

Penyelesaian: Masukkan creamcheese frosting ke dalam piping bag, encrutin diatas cupcake yang sudah dingin. Simpan dalam lemari es. Sajikan dingin. Yummy markimi!



Happy cooking,
Vina Revi

No comments: