Merawat Kulit sesuai dengan Jenisnya


Kulit adalah organ tubuh yang terletak paling luar pada tubuh manusia dan mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk memperbaiki diri sendiri ketika terluka. Kulit yang indah juga mencerminkan bahwa pemiliknya sangat peduli akan kesehatan pribadinya. Jadi rasanya tidak berlebihan jika dalam buku literatur dikatakan bahwa kulit merupakan organ yang esensial dan vital serta merupakan cermin kesehatan dan kehidupan manusia.

Untuk mendapatkan kulit yang fantastis, tentu saja kita harus memperhatikan jenis kulit yang kita punyai sehingga perawatan yang kita lakukan akan tepat pada sasaran.

5 jenis kulit:
1. Normal
2. Kombinasi
3. Berminyak
4. Kering
5. Sensitif

KULIT NORMAL
Kulit normal adalah kulit yang tidak kering, berminyak atau sensitif. Para pemilik kulit normal memang boleh berbangga hati karena hampir dipastikan kulit jenis ini paling jauh dari masalah.
Tips: Pilih pelembap yang tidak terlalu berat.

KULIT KOMBINASI
Jika kulit wajah di bagian pipi terasa kering dan daerah zona-T terasa berminyak yang meliputi bagian dahi, hidung dan dagu itu artinya Anda memiliki kulit kombinasi.
Tips:
Gunakan sabun dengan pH balance, karena sesuai dengan tingkat keasaman alamiah kulit.
Gunakan krim pelembap di bagian pipi dan oleskan sedikit saja di zona-T Anda.
Lakukan perawatan pengelupasan kulit (exfoliation) hanya di daerah zona-T Anda.
Saat facial, hindari proses menghilangkan jerawat di daerah pipi.
Sekalah zona-T Anda dengan tissue sebelum memakai make up.

KULIT BERMINYAK
Biasanya jenis kulit berminyak memiliki pori yang besar dan kelihatan mengkilap meskipun cuaca sedang tidak panas. Jangan pernah minder jika kebetulan Anda mempunyai kulit yang berminyak karena kabar baiknya adalah saat Anda tua nanti kulit Anda akan tetap terlihat luar biasa dan bebas keriput!
Tips:
Jangan terlalu sering mencuci muka, karena hal tersebut malah akan merangsang produksi kelenjar minyak secara berlebihan.
Seka wajah dengan tissue setelah Anda mengenakan rias wajah untuk mencegah lunturnya foundation.
Sebaiknya gunakan foundation berbentuk lotion daripada krim karena lebih ringan di kulit.
Gunakan sunscreen.

KULIT KERING
Kulit yang terlihat tidak mulus dan merah di berbagai tempat adalah kulit kering. Biasanya pemilik kulit kering jarang berjerawat karena produksi minyak di kulit sangat sedikit.
Tips:
Dalam satu hari, sering-seringlah menggunakan pelembap di wajah.
Gunakan sunscreen ber-SPF tinggi.
Jangan pernah memakai bedak tanpa mengoleskan pelembap terlebih dahulu.
Hindari penggunaan sabun di wajah Anda.

KULIT SENSITIF
Sesuai dengan namanya, kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi dengan cepat terhadap sabun tertentu, rias wajah dan bahkan perubahan suhu.
Tips:
Sebelum menggunakan suatu produk kecantikan, lakukanlah uji alergi terlebih dahulu untuk mengetahui Anda alergi atau tidak terhadap produk tersebut.
Jangan pernah men-scrub wajah dengan benda yang kasar.
Gunakan produk kecantikan tanpa pewangi.


No comments: