Pecan Brownie Muffins

Habis beberes lemari dapur dan menemukan satu stoples berisi pecan. Akhirnya buka-buka koleksi buku resep untuk mencari inspirasi. And voila! Pecan Brownie Muffins it is.


Sumber resep: buku Easy Muffins, Paragon Books (2010), hal 54.

Bagi yang rajin baca Random Snippets, mungkin udah tahu bahwa hampir semua resep jumlah gulanya akan selalu aku kurangi dari resep aslinya. Demikian juga Pecan Brownie Muffins yang ini. Modifikasi bahan yang aku lakukan akan diberi tanda ** (bintang). Selanjutnya untuk melihat resep asli silakeun merujuk pada catatan di akhir resep.

Maka inilah. 
Happy cooking!

PECAN BROWNIE MUFFINS
Bahan.
115 gr pecans
100 gr tepung terigu
100 gr gula kastor** (atau bisa juga pake granulated sugar yang diblender lagi)
1/4 sdt garam
1 sdm baking powder
150 gr butter**
115 gr coklat plain
4 butir telur, kocok lepas
1 sdt vanilla extract

CARA.
1 Panaskan oven 200 C. Tata paper cup diatas loyang muffins. Sisihkan 12 biji pecan dan cincang kasar sisanya.
2 Ayak tepung terigu, gula kastor, garam dan baking powder ke dalam mangkok, buat lubang di tengahnya. Lelehkan butter dan coklat (dijadiin satu) di panci kecil pake api kecil, aduk sesekali. Tuang ke adonan tepung dan aduk sampai tercampur rata.
3 Tambahkan telur yang udah dikocok lepas dan vanilla extract. Aduk perlahan asal kecampur (jangan sampe over-mix). Gabrukkin cincangan pecan.
4 Tuang adonan ke dalam loyang muffin yang udah dikasih paper cup, taruh biji pecan diatas masing-masing adonan. Panggang selama 20-25 menit.


5 Biarkan muffins di dalam loyang selama 5 menit, baru kemudian dihidangkan dalam kondisi hangat atau biarkan di atas wire rack sampai dingin. Yummy markimi!

Catatan.
Modifikasi yang aku lakukan adalah mengurangi jumlah gula dan butter. Dibawah ini adalah jumlah yang tertera pada resep asli. Jadi monggo silakeun dipilih sendiri akan memakai resep yang mana, ya. 
** gula kastor: 175 gr
** butter: 225 gr

No comments: