Setengah jam dijamin jadi


Percayalah, project ini bisa diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari setengah jam. Jadi cocok dikerjakan ketika kita sedang gatel pengen ng-craft tapi nggak punya banyak waktu untuk melakukannya. Quick and easy project aja gitu.


ps. Buku Decisive Moment yang dikasih secara pribadi oleh BJ.Habibie di teras rumahnya pada bulan Januari 2013 *pamer*

Di bawah ini detailnya jika ada yang berminat bikin juga:
Bahan.
- 1 potong kain, ukuran 5x16 cm
- 1 potong kain, ukuran 5x32 cm
- 1 potong kain untuk dalaman, ukuran 5x16 cm
- pita, ukuran 10 cm
- mesin jahit dan segala ubo rampenya 


Catatan. Aku bikin pembatas buku ini dengan dua option: pake pita dan tanpa. Karena alasan tersebut juga, maka maapkeun jika foto pada step by step di bawah ini agak inconsistent.

CARA.
1. Setel mesin jahit dengan jahitan paling lebar dan tension paling tinggi. Dalam kasus saya: lebar jahitan di nomer 5 dan sewing tension pada posisi 9.


2. Jahit kain ukuran 5x32 cm persis di bagian tengah dengan setelan tersebut


sehingga membentuk ruffle kayak begini:


3. Kalau kalian memilih nggak pake pita, silakeun skip langkah ketiga ini dan langsung masuk ke langkah keempat. Oke, jadi bagi yang pake pita, yuk mari ini step selanjutnya.

Posisikan pita membentuk huruf V pada kain pelapis:


Jahit bagian ujung V:



4. Sekarang saatnya untuk menjahit ketiga kain. Urutannya sebagai berikut: kain ukuran 5x16cm dengan sisi benar menghadap ke bawah, kain pelapis, ruffle. Selanjutnya tumpukan ini akan saya sebut dengan sandwich.


5. Sandwich di-secure dengan jarum pentul. Kemudian atur-atur posisi ruffle sampai kerapatannya sesuai dengan yang diinginkan.


6. Jahit keempat sisinya melingkar dengan zig zag stitch. Selesai.


Catatan. Kalau nggak mau memakai zig zag stitch, maka pilihan penyelesaiannya adalah jahit bagian tengah kain yang ber-ruffle. Biarkan keempat sisinya mbredhel aja gitu.