[Prakarya Anak] Memanfaatkan kain perca


Sewing craft yang satu ini cocok banget dilakukan anak-anak. Karena buat saya, jika jahitannya semakin messy (khas anak-anak yang kebanyakan masih dalam taraf belajar) maka tampilannya justru akan semakin unik.


Sekadar info: karya diatas adalah hasil jahitan Keiva, bungsu saya (6 tahun) yang baru pertama kali ini pegang jarum jahit (dalam artian beneran disuruh menjahit dan nggak cuma pegang-pegang aja). And see? Hasilnya lumayan, yes ... ^^

Bahan:
- Kain (ini saatnya untuk memanfaatkan kain perca yang menggunung)
- Gunting
- Jarum dan benang jahit
- Kapas (untuk filler)
- Pita (untuk menggantung)

CARA.


1. Gambar pola sesuai selera diatas kertas (dalam kasus saya: hati), gunting lalu jiplak diatas kain. Gunting. Sisihkan. Buat sebanyak dua buah. Tips: kain bisa dilipat lalu gunting sekaligus sehingga didapat hasil yang sama.
2. Tumpuk potongan kain tersebut jadi satu pake jarum pentul. Lalu mulailah menjahit sekelilingnya (sisakan sekitar 2-3 cm sebagai tempat masukkin kapas). Tadi Keiva lupa bikin lubang sehingga agak kesusahan ketika akan mengisinya dengan kapas. ^^
3. Setelah terisi kapas, jahit lubangnya. Beri pita diatasnya. Selesai. Tips: supaya gantungan ini lebih berguna, mungkin lain kali akan saya tambahi potpouri atau wewangian lainnya.

Happy sewing!
Ou, btw biar nggak dituduh hoax, ini bukti videonya. ^^