Dak-kang-jeong: Ayam ala Korea

Meskipun udah hampir setahun meninggalkan Korea (karena harus bedhol desa ke Australia), ternyata sampai detik ini anak-anakku masih sering kangen makanan-makanan Korea. Apalagi Keiva (si bungsu) yang notabene memang lahir dan dibesarkan disana. Lidahnya telanjur Korea, kayaknya. Ehk. Jadi memang susah hilapna.

Maka akhirnya sang emak pun sibuk nyari-nyari resep 닭강정 (Dak-kang-jeong): Ayam Goreng ala Korea yang berbalut soysauce dan brown sugar. Yup. Mari kita mulai dengan masakan (Korea) yang simple dulu, yes. Karena pssst --ini rahasia diantara kita--: selama 8 tahun tinggal di Seoul, aku hampir enggak pernah masak makanan Korea. Jadi kalau pas pengen makan makanan Korea ya langsung ngesot ke restoran aja gitu. Kebetulan kami sekeluarga memang doyan jajan, soalnya. Halagh.

Dan in case ada yang nanya: "Jadi lalu kenapa di Melbourne enggak jajan di restoran Korea aja ketimbang repot bikin sendiri?" Maka jawabannya: Kalau dulu jaman di Seoul mah emang beneran kami tinggal ngesot aja gitu kalau mau apa-apa dan kemana-mana. Semuanya serba deket karena apartment kami terletak di tengah kota (ke Lotte World 5 menit, ke Dongdaemun 20 menit, ke Hangang Tukseom 8 menit, you get the idea). Tapi setelah pindah ke Melbourne dan (syukurlah) akhirnya menemukan rumah yang nyaman di suburb, kayaknya kok memang agak rempong kalau harus selalu ngesot ke city timbang pengen ng-Dak kang jeong.

Anyway.
Maka inilah resep si 닭강정 hasil nyari-nyari tersebut (bukan googling karena ini aku temukan di majalah lama yang somehow kebawa di salah satu dus buku yang aku shipping ketika pindahan).

Meskipun jujurly kalau dilihat dari citarasa aku mengaku bahwa ternyata masih lebih enak Dak-kang-jeong bikinan si bapak Gamaro Chicken di bawah apartement kami dulu jaman masih di Seoul. Ehk. Tapi sekadar untuk obat rindu (tsaah, rindu!), bolehlaaaah ...

Yuk, resepnya.


Bahan:
1-2 butir telur ayam (tergantung besar kecilnya)
2 sdm minyak sayur
7-8 buah sayap ayam, potong 2
minyak sayur, buat menggoreng

Bahan kering (aduk rata):
75 gr tepung terigu
40 gr tepung maizena
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk (aku pake merica hitam)
1/4 sdt soda kue
1/2 sdt cabai bubuk (chilli flakes)

Saus:
150 ml air
125 gr brown sugar
6 cm jahe, iris tipis
2 1/2 sdm kecap asin (soy sauce)
1 1/2 sdm cuka

Taburan:
chilli flakes
wijen
walnut panggang, cincang

Cara:
Campur bahan kering, telur dan minyak.
Gabrukkin ayam, balik-balikkan sampai ayam tertutup adonan.

Goreng ayam dalam minyak banyak dan panas sampai matang dan kecoklatan. Angkat. Tiriskan di atas kitchen paper atau serbet bersih. Sisihkan.

Saus: Didihkan semua bahan kecuali cuka. Angkat. Tambahkan cuka dan ayam. Aduk sampai semua ayam kena balutan saus.

Taburi bahan taburan. Sajikan hangat.

Happy cooking!



Resep nyontek dari : FEMINA No.08/XLII, 22-28 Februari 2014, hal 90.