Kue Kering Jagung Keju

Jika diukur memakai skala 1-10, maka jagung (pipilan) berada pada skala 4 dalam ranah pemakaian bahan makanan di dapur saya. Atau bahasa sederhananya: saya jarang tertarik mengolah jagung aja gitu. Tapi being me, yang namanya petualangan itu harus dicari untuk membuat hidup lebih hidup. *apakah*

Maka dengan niat untuk mengobati rasa penasaran sebenarnya saya bisa atau nggak mengolah jagung (dengan enak), saya pun membongkar klipping resep yang pernah saya kumpulkan beberapa tahun silam. Dan voila! Ternyata ketemu dong berbagai klipping resep dari Tabloid SAJI yang bahan bakunya memakai jagung. Score!

Nah, dibawah ini adalah salah satu resep jagung yang sempat saya coba. Saya memilih resep yang gampang, bahan-bahannya tersedia di pantry saya (biar nggak usah lari ke supermarket), praktis (nggak perlu alat yang rumit) dan child-friendly (karena saya ngajak Keiva, si bungsu, untuk ikut membantu saya di dapur).

Komentar resep: buat saya, citarasanya cenderung asin gurih aja gitu. Jadi mungkin next time saya akan menambahi sekitar 1-2 sdm gula pasir (atau madu) supaya lebih mantep kali, ya? Tapi in general, kue kering ini enak, kok. Apalagi buat anak-anak saya yang memang doyan keju.

KUE KERING JAGUNG KEJU
Bahan:
- 175 gr margarine
- 1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam (saya pakai Royco rasa sapi)
- 1 butir telur
- 225 gr tepung terigu
- 1/2 sdt baking powder
- 100 gr jagung manis pipil rebus, didinginkan, blender halus (dari 225 gr)
- 50 gr keju parut

Cara.
1. Kocok margarine dan kaldu 40 detik. Tambahkan telur. Kocok rata.
2. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan jagung dan keju. Aduk rata.
4. Sendokkan ke loyang yang dioles margarine. Tusuk-tusuk dengan garpu (nah, ini jadi kerjaan Keiva yang melakukannya dengan senang hati dan penuh semangat).
5. Oven 35 menit dengan suhu 160C sampai kering

Untuk: 390 gram
Resep: Tabloid SAJI Edisi 68/TH.IV, 22 Maret-4 April 2006

No comments: