[DIY] Notebook pake jilid spiral


Sebenernya kalau mau bikin jilid spiral memang paling gampang pergi aja ke tukang foto copy terdekat atau percetakan dan minta mereka melakukannya untuk kita. Tapi jika kalian kayak saya yang lebih puas memakai barang DIY tapi nggak ngerti gimana caranya bikin jilid spiral (tanpa memakai alat heavy duty), semoga postingan ini bermanfaat. 

BAHAN.
- Spiral 
- Card box 2 buah @ukuran 10x14 cm 
Notes. Kedua bahan diatas bisa dibeli di craft store atau toko buku. Tapi saya memilih mendaur ulang buku gambar yang udah nggak kepake untuk mendapatkan kedua bahan tersebut. 














Spiral yang ada di buku gambar saya lepas lalu saya luruskan. Ehk, karena waktu nglepas memang jadi agak sedikit plenyat plenyot gitu, deh.

- Kertas, dipotong dengan ukuran 10x14 cm, 14 lembar (saya pake kertas HVS putih)
- Puncher
- Kertas bermotif 
- Gunting
- Lem
- Gunting kawat

CARA.
1. Bikin cover
Bungkus cardbox dengan kertas hias. Sisihkan. Tips: Kreatiflah dengan pilihan motif. Jika perlu, tabrak tubrukkin aja. Yang penting warnanya masih dalam satu range.

Bagian luar

Bagian dalam

2. Bikin lubang spiral 
Ambil satu buah kertas ukuran 10x14. Kemudian ukur 0.5 cm dari pinggir pada salah satu sisinya. Trus digaris. Nah, dari garis yang ada, kita cari dan ukur bagian tengahnya (dalam kasus saya: 5 cm). Trus dari titik tengah tersebut kita buat titik lain ke arah samping (satu sisi aja) dengan jarak masing-masing 0.5 cm. 


Kertas yang udah diberi tanda tadi kemudian kita lubangi memakai puncher sesuai dengan titik yang ada. Saya memakai lubang dengan diameter 2mm (milimeter).


Kertas yang udah dilubangi kita lipat jadi dua.
Kayak begini:


Dengan guideline lubang yang ada sebelumnya, kita punch kembali sisi yang lain.


Buka kembali lipatan kertas tadi.
Kira-kira penampakan lubangnya jadi kayak begini:


Nah, kertas tersebut akan kita jadikan template dalam melubangi kertas yang lain.

Caranya: Ambil 3-4 lembar kertas isian. Kemudian letakkan kertas template tadi diatas kertas isian. Mulailah melubangi kertas sesuai dengan lubang template yang ada. Lakukan sampai seluruh kertas isian habis. Setelah itu lubangi cover. 

Tips: Kadang-kadang puncher nggak bisa menembus kertas dengan sempurna. Jangan khawatir. Tusuk aja pake ujung pensil atau jarum. Maka lubang tadi akan terlepas dengan sendirinya. 


3. Memasang spiral
Kertas yang udah dilubangi ditumpuk jadi satu.


Kemudian mulailah memasang spiral dari salah satu ujung. Masukkan ujung spiral pada lubang kedua dari pinggir. Trus dari sana spiral tinggal diulir aja sampai menembus ke seluruh lubang.


Tips: Kalau masih ragu-ragu dalam mengulir (takut kertasnya sobek atau rusak), boleh latihan dulu pake kertas dummy. Setelah menemukan feel-nya gimana cara mengulir spiral yang bener, silakeun diteruskan lagi projectnya. ^^


Masukkan spiral sampai seluruh lubang tertutup.


Potong sisa kawat spiral.
Rapikan ujung-ujungnya pake gunting kawat.


Dan, selesai!
Selamat ng-punch dan ngulir.
Atau kalau males, ya udah titip dadah aja buat mbak-mbak yang jaga kios fotocopy.

Bilang dapet salam dari saya,
Vina Revi