[Prakarya Daur Ulang] Memanfaatkan Kertas Bekas


Bagi yang selama ini rajin mengikuti postingan-postingan saya di Random Snippets pasti tahu bahwa saya cukup sering membuat prakarya dari barang-barang bekas. Nah, kali ini saya akan membagi langkah-langkah menyulap kantong belanja kertas (paper bag) -bahkan yang sudah kusut sekalipun- menjadi sebuah hiasan gantung (wreath) yang keren.


BAHAN:
- Kantong belanja coklat (atau bisa juga pakai majalah bekas), pokoknya yang penting kertas
- Card box yang lumayan tebal (saya memakai dus bekas wadah botol jus)
- CD bekas
- Gunting
- Glue Gun
- Spidol, pensil 
- Pita, tali, atau apapun terserah yang penting bisa dipakai buat ngiket gitu

CARA:
1 Membuat base
Jiplak CD di atas card box tebal. Gunting sesuai pola. Buat lingkaran dengan diameter lebih kecil diatas cardbox yang barusan digunting tadi (saya pake gelas, demi alasan kepraktisan. Ketimbang ribet nyari jangka). Potong sesuai pola. Hasil akhir akan menjadi seperti yang tertera di gambar no 4. Cardbox ini akan kita pakai sebagai alas untuk menempelkan gulungan kelopak bunga.


2 Menyiapkan kelopak bunga
Remas-remas paper bag sampai kusut. Saya sengaja melakukannya untuk mendapatkan tekstur yang lebih alami. Setelah tercapai level kekusutan yang diinginkan, buka remasan kertas, ratakan kembali. Buat pola spiral diatas kertas, gunting sesuai garis. Notes: saya cuma satu kali menggambar pola spiral diatas kertas. Selanjutnya saya mengandalkan feeling aja gitu, dengan mengguntingnya tanpa memakai pola. Lebih praktis.


Gulung spiral dari ujung luar menuju ke pusat (arah dalam). Ulangi proses tersebut sampai tercapai jumlah kelopak yang dinginkan. Dalam kasus saya: butuh sekitar 23-25 buah kelopak bunga (berbagai ukuran). Ou,   lebar kertas yang saya pakai ukurannya bervariasi. Yang paling besar 20x20 cm, yang terkecil sekitar 12x12cm. Yang perlu dicatat: saya nggak memakai ukuran pasti untuk masing-masing lebar kertas. Lebih messy lebih bagus.

3 Menata kelopak bunga
Setelah semua kertas selesai digulung, mari kita mulai menatanya diatas cardbox. Jangan lupa beri lubang kecil diatas cardbox untuk menyelipkan pita. Dengan menggunakan glue gun, lem saya tembakkan diatas cardbox baru kemudian kelopak bunga saya tekan diatas lem tersebut. Tips: Mulailah dari kelopak bunga yang besar baru kemudian beranjak ke kelopak bunga yang lebih kecil. 


Lakukan sampai seluruh cardbox tertutup kelopak bunga. Atau kalau mau lebih kreatif, sisakan sebagian ruangan sehingga tekstur cardbox masih terlihat. Selipkan pita di lubang yang telah kita siapkan sebelumnya. Ikat membentuk pita. Wreath siap digantung.


(iya, saya belajar step by step bikin Paper Rose kayak begini dari blog beliau)

Notes.
In case tertarik dengan postingan-postingan dibawah ini yang juga sama-sama memanfaatkan kertas bekas, silakeun klik pada masing-masing gambar, ya. Notes ini akan terus saya update jika ada postingan lain yang berhubungan.

- Pembatas buku Miss Hanbok dari bahan kardus bekas cereal-



-3D Hearts Origami-