Mini Apple Pie

Mungkin ada yang kenal dengan nama Ricke Indrianie --pemilik blog Ordinary Kitchen-- yang ngetop seantero dunia maya itu? Nah, beberapa waktu lalu mRicke ini membawakan segepok Egg Tart super enak untuk saya ketika main ke rumah. Waktu itu saya sempet nanya-nanya resep dan tips cara membuatnya. Niatnya mau nyobain bikin juga (meskipun udah kebayang bahwa dengan isian yang berbeda bukan custard kayak egg tart tersebut). 

Terus terang karena selama ini saya jarang bikin pie crust sendiri. Lebih sering beli jadi aja gitu (Pillsburry Pie Crust). Ada yang udah pernah nyoba? Pilsburry, maksudnya. Bukan homemade pie crust-nya. Nah, bagi yang selama ini lebih sering memakai pie crust siap pakai kayak saya itu, cobain deh mulai sekarang bikin yang freshly homemade kayak begini. Karena ternyata oh ternyata citarasanya memang bener-bener bagai bumi dan langit, Sodara. Homemade food emang nggak pernah ada matinya, ya. Dan mungkin juga karena faktor resepnya yang memang TOP to the max. So, thanks again ya, mRicke! Cinta lah pokoknya ...

Bagi yang berminat membuatnya, ini resep komplitnya.
Jadi untuk pie crust-nya saya memakai resep milik mRicke. Sementara isiannya memakai resep Apple Crumble yang beberapa waktu lalu pernah saya posting. Catatan: di resep Apple Crumble tersebut saya memasak menggunakan Slow Cooker. Tapi jika ada yang nggak punya Slow Cooker, silakan dimasak menggunakan oven dengan suhu rendah (130 C selama 1 jam). Semua resep saya ikuti persis dengan sumbernya hanya dimodifikasi sedikit dengan mengurangi jumlah gulanya. Biar manisnya pas dan nggak terlalu legit.

Baiklah. Ini resep Mini Apple Pie-nya.
Silakeun dicatat, diresapi dan kemudian dipraktekkan.
*opo, to?*


MINI APPLE PIE
Bahan Pie Crust.
300 gr butter/margarine (saya pake I Can't Believe It's Not Butter)
1 sdm gula halus munjung (saya pake granulated sugar karena buat saya itu sudah cukup halus^^. Tapi kalau mau, boleh diblender lagi biar lebih halus, kok)
3 kuning telur
500 gr tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
Catatan: Resep mRicke saya modifikasi sedikit dengan mengurangi jumlah gula pasir menjadi hanya 1 sdm aja (disana memakai 2 sdm).
1 kuning telur, untuk olesan crust

Cara.
Campur semua bahan jadi satu memakai pisau pastry atau sendok kayu (saya pake pisau makan ^^) --kecuali 1 kuning telur yang untuk olesan-- sampai adonan berbutir-butir dan tercampur rata, Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam adonan pie yang sudah dioles margarine/minyak. Sisihkan.

Bahan isian.
Pakai resep Apple Crumble yang pernah saya posting beberapa waktu lalu. Tapi oh, okay. Saya tahu bahwa sebagian besar pasti pada males ng-klik link, kan? Ehk, Saya juga (kadang-kadang) gitu, soalnya. hihi. Jadi baiklah ini saya tulis ulang resepnya disini, deh. Biar sekalian terorganisir dengan lebih rapi. 

APPLE CRUMBLE.
Bahan crumble.
- 125 gr tepung terigu
- 100 gr light brown sugar
- 100 gr caster sugar
- 1/2 sdt kayu manis bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk (saya pake biji pala yang diparut)
- sejumput garam
- 120 gr butter (suhu ruangan), potong kecil-kecil
- 120 gr pecans, potong kasar (saya tumbuk pake ulekan di dalam plastik^^)

Cara. Aduk rata seluruh bahan memakai pisau pastry atau sendok kayu sampai adonan berbutir-butir. Sisihkan.

Bahan apel.
- 60 gr caster sugar, atau secukupnya sesuai selera
- 1 sdm tepung maizena
- 1/2 sdt jahe bubuk (saya pake 1 ruas jahe yang diparut)
- 1/2 sdt kayu manis bubuk
- 750 gr apel (3-4 buah), kupas, buang bijinya, potong-potong
- 2 sdm lemon juice

Cara.
Campur bahan coating sampai rata di dalam mangkuk. Masukkan apel. Aduk rata. Tuang apel di dalam pinggan tahan panas (jika memakai oven). Taburi atasnya dengan bahan crumble sampai seluruh apel tertutup. Panggang di oven dengan suhu 130 C selama 1 jam. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian.
Gabrukkin isian apel di pie yang sudah dicetak di loyang mini. Hias bagian atasnya sesuai selera (kalau saya mah nyari yang gampang aja: pake teknik jaring-jaring gitu. Ehk, standar lah, ya). Olesi crust dengan kuning telur. Panggang dalam oven (160 C) selama 20-25 menit sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Sajikan dingin atau hangat.

Happy Cooking,
Vina Revi

4 comments:

Momylicious said...

bener bgt !
sy jg pernah bikin yg pie susu pke resep teh ricke, memang top bgt....
:)
eh iya sm2 di Korea ya sekarang....^^

Vina Revi said...

Iya. Sekarang mRicke di Korea. Tapi di Anseong. Sekitar dua jam dari Seoul. Cuman mRicke memang bageur pisan. Jarang menolak undangan. Seneng aja pan akunya ditamuin seleb blog kayak begitu. Mana dibawain oleh-oleh yang yummy markimi pulak. hihi.

Oh, udah pernah nyobain juga ya, Ay? Wah, jujurly niy ya, aku kenal blog mRicke justru setelah beliau datang ke Korea. haha. Payah juga niy aku! Karena waktu itu beliau diperkenalkan di salah satu komunitas yang aku ikuti. Nah, dari sana baru deh ngeh sedikit background beliau.

Dan tau nggak, bahkan kemaren pas googling resep Egg Tart-nya itu aku sempet kesasar ke Ordinary Kitchen yang lain. Karena aku nggak ngetik 'ricke'nya. hihi. *double payah*

Anonymous said...

hmm pengen nyoba tapi takut belon pernah baking :(

Vina Revi said...

Halo, Non ...
Oh, jangan khawatir. Ini tergolong gampang sebenernya. Karena cara bikinnya beneran cuma nyampur seluruh bahan gitu trus digiling dan lalu dicetak di loyang pie. Apalagi kalau bikin isiannya pake alat slow cooker. Beneran practically tinggal gabruk semua aja gitu. ^^

Tapi kalau masih ragu-ragu, mungkin bisa nyobain baking yang lebih gampang dulu misalnya muffin atau cupcake. Di blog-ku ini ada banyak resep muffins, btw. So, happy browsing. Oh, and cooking, tentunya. ^^