Brownies Mekar


Ini semacam brownies kukus A yang sangat ngetop di Bandung itu. *eh, masih laku nggak, sih? Ehk. Soalnya terakhir beli disana sekitar tujuh tahun yang lalu* Hanya saja bentuknya dibikin kayak bolu kukus sehingga mekrok gitu instead of persegi panjang atau bujur sangkar seperti lazimnya brownies. 

Resepnya dari Ny.Liem, ceunah. Saya sendiri belum sempet googling gimana fakta sebenernya. Ini hasil dari buka primbon, soalnya. Tapi yang jelas, dijamin berhasil. Saya udah bikin ini lebih dari lima kali dan selalu mekrok. Beda sama BolKus yang katanya penuh dengan kutukan itu. Ehk.

Anyway, maka inilah.
Semoga bermanfaat dan good luck!

BROWNIES KUKUS MEKAR
Bahan A.
200 gr gula halus (saya kurangi menjadi 125 gr)
2 butir telur
160 ml air (bisa diganti susu)
1/2 sdt vanilla extract

Bahan B.
200 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

Bahan C.
10 gr emulsifier (saya pake TBM)

CARA.
1. Kocok bahan A pake mixer selama 5 menit.
2. Masukkan bahan B, kocok dengan speed rendah sampai rata
3. Tambahkan bahan C, kocok 15 menit (saya sampai 30 menit karena hand mixer saya kecil) pake high speed.
4. Tuang ke dalam cetakan bolu kukus, isi sampai penuh.


5. Kukus selama 30 menit. Angkat. Sajikan hangat atau dingin.

Happy cooking,
Vina Revi

No comments: