Patchwork Chair Cover

Setiap kali ditinggal suami dinas luar (kali ini ke Jerman selama lima hari), entah gimana saya justru sangat produktif. *no offense ya, Cinta* Produktif disini dalam artian banyak ide yang akhirnya bisa saya eksekusi.

Salah satu contohnya adalah Patchwork Chair Cover ini.


Karena terus terang saya mulai bosen dengan penampakan kursi komputer yang lama. Warnanya ungu polos gitu. Tanpa ada aksen apapun. Sebenernya udah kepikiran pengen bawa si kursi ungu ke tukang sofa langganan buat diganti kainnya. Tapi mengingat terakhir kali saya membayar hampir sekitar 1 juta Won (sekitar 12 juta Rupiah) ketika mengganti sarung sofa (ruang keluarga) disana, akhirnya saya mikir-mikir lagi. *emak-emak perhitungan*

foto. pojok fav saya di rumah

Maka googling lah saya untuk mencari ide dan (tentunya) tutorial bikin sarung kursi yang bener. Ternyata hasilnya nggak terlalu memuaskan. Atau lebih tepatnya karena saya sudah merasa terdiscourage duluan gara-gara prosesnya yang terlalu complicated lah (nggak cocok untuk newbie kayak saya), dan seterusnya. Akhirnya dari hasil riset tersebut, saya berusaha membuatnya sesuai dengan cara saya.

Dan inilah hasilnya.


Belum terlalu rapi, memang. Masih jauh dari bikinan mereka yang pro. Tapi untuk percobaan pertama, ehk, I am proud of myself. Dan lagian, setelah menghabiskan hampir lebih dari lima jam untuk trial and error bikin beginian, mosok sih mau mendisgrade diri sendiri? ^^

Ini sekilas proses cara saya membuatnya. Pertama, saya memotong kain dengan ukuran 10x10 cm. Tips: rolling cutter akan sangat berguna disini ketimbang memotong pake gunting biasa. Trus si kain saya susun sampai tercapai kombinasi yang diinginkan (jangan ditanya berapa kali saya mengubah-ubah susunan dan juga menggonta-ganti pilihan kainnya). Setelahnya kain saya jahit baris demi baris sampai membentuk patchwork dengan ukuran yang cukup untuk menutupi seluruh punggung kursi dan dudukannya. Trus kain saya adjust sana sini (baca: tarik sana sini) dan kemudian saya staples ke kerangka kursi. And that's it.

Anyway, tertarik untuk bikin sarung kursi DIY juga kah? Weits, kalo gitu please lemmeno gimana hasilnya, ya. Siapa tahu kita bisa saling bertukar ilmu. Karena sumpe saya suka belajar hal-hal baru. 

Happy DIY,
Vina Revi

No comments: