Bolu Gulung dengan design unik (Tutorial)


Pengen bikin Bolu Gulung yang kulit luarnya unik? 
Mari sini saya kasih tahu caranya. Saya terinspirasi dari videonya Ochikeron. Lalu dari sana design saya kembangkan sendiri tapi resep tetap merujuk darinya. Yang jelas ini project yang lumayan gampang untuk dieksekusi, kok. Selain tentunya super fun karena bisa memantik kreativitas kita dalam membuat design yang menarik, yes.

Jadi yuk, ah, kita mulai!

Langkah pertama.
Bikin design yang kalian mau diatas kertas (saya pake HVS biasa). Tentunya sesuaikan ukuran kertas dengan lebar loyang yang akan kalian pakai, ya. Kebetulan karena saya memakai loyang ukuran 33x30cm, maka saya memakai HVS ukuran A4. 

Tips: design nggak perlu dibuat penuh satu loyang karena toh sebagian permukaan akan tertutup ketika digulung.

Langkah kedua.
Alasi loyang dengan kertas roti. Tapi, nah ini yang penting, kertas roti dipotong sekitar 8-10 cm lebih lebar daripada pinggiran loyang. Ini akan mempermudah kita ketika akan mengangkat bolu gulung dari loyang ketika masih dalam kondisi panas. 


Langkah ketiga.
Taruh design yang sudah kita buat tadi di BAWAH kertas roti. Posisikan bagian design (yang akan terlihat ketika bolu gulung sudah digulung rapi) mepet ke salah satu sisi loyang. 


Langkah keempat.
Buat adonan untuk mengisi design. Silakeun merujuk pada resep yang di-share Ochiekeron di youtube-nya, ya. Link udah saya kasih di bagian awal postingan ini.


Tips: sebaiknya pewarna ditambahkan sedikit demi sedikit (saya pake tusuk gigi) sampai mencapai warna yang diinginkan.

Langkah kelima.
Isi bagian luar design terlebih dulu (dalam kasus saya: lingkaran berwarna pink), kemudian panggang di oven 170C selama 30 detik. Foto nggak terlampir. Setelah itu, isi bagian dalam design (warna biru).


Teruskan dengan mengisi polka dot di sekelilingnya memakai warna pink dan biru.


Habis itu panggang di dalam oven 170C selama 1.5 menit.

Langkah keenam.
Setelah pattern matang, tuang adonan bolu gulung diatasnya. 


Ratakan adonan sampai menutup seluruh loyang.


Panggang di oven 170C selama 14 menit.

Langkah ketujuh.
Keluarkan adonan dari loyang. Balikkan. Ambil kertas yang berisi design. Tutup bolu gulung dengan kertas roti. Biarkan dingin.


Langkah kedelapan.
Isi bolu gulung dengan isian sesuai selera.
Tips: adonan whipped cream saya kasih warna biru biar lebih catchy aja gitu.


So, that's it. Yes, pretty much it.
Ehk. Saya tahu, memang agak rempong, ya.
Tapi sumpe, sepadan dengan hasilnya yang cantik dan sangat unik.
Cocok buat hantaran ke mama mertua. Atau ketika kita pengen show off ketika ada acara potluck. Karena Bolu Gulung yang kayak begini jarang dijual di toko, pan. 

Jadi, good luck, ya!
Semoga menginspirasi.

Salam,
Vina Revi

ps. Bagi yang butuh resep komplitnya, nanti saya susulkan kalau udah agak longgar, ya. Kebetulan sekarang lagi ada beberapa project yang harus saya selesaikan terlebih dahulu. Tapi yang jelas, di youtube-nya Ochikeron itu udah cukup jelas menerangkan detail step by step serta bahan-bahan yang dibutuhkan, kok. Jadi selebihnya tinggal kreativitas kita aja yang main disini. Gitu, ya. Sekali lagi, good luck!

No comments: