Yang jangan dilakukan ketika bikin tas serut


Saya belajar bikin tas serut ini dari blognya Jeni. Seriously, she did an awesome job! Jadi kayaknya saya nggak perlu menulis ulang tutorialnya disini mungkin, ya. Monggo bagi yang tertarik bikin silakeun merujuk pada postingan Jeni.

Nah, cuma mungkin ada sedikit tips yang bisa saya bagi disini. Karena tujuan saya ngblog adalah untuk berbagi apapun. Termasuk diantaranya adalah membagi kesalahan-kesalahan yang saya lakukan ketika ng-craft. Sehingga dengan begitu kalian nggak perlu lagi melakukan kesalahan yang sama dan bisa langsung sukses dalam percobaan pertama. Trial and error itu bagian saya aja deh, ya. *halagh*

Oke, kembali ke soal 'apa yang JANGAN dilakukan'. 
Jadi ini tentang pemilihan kain untuk 'Main Exterior'. Sekadar saran, untuk mempermudah hidup kalian, sebaiknya pilih kain yang motifnya random. Sehingga akan lebih gampang mengguntingnya karena posisi kain bisa dibolak balik secara acak. Tapi jika kalian memilih kain yang motifnya searah (misalnya garis-garis atau gambar bunga satu arah seperti pada foto diatas), maka prosesnya memang menjadi sedikit lebih rumit. 

Contoh kain dengan motif random:


Contoh kain dengan motif searah:


Jadi sekali lagi, usahakan untuk memilih kain dengan motif random. Tapi jika kalian menyukai tantangan dan tetap pengen memakai kain dengan motif satu arah, maka ini beberapa pedoman yang bisa diterapkan:
1. Menggunting kain
Merujuk pada pola yang dikasih Jeni, dia ngasih ukuran 9"x22" untuk 'main exterior'. Nah, berhubung kurang pengalaman, saya keburu memotong kain dengan posisi kayak begini:


Padahal yang benar seharusnya begini:


Perhatikan posisi bunganya.
Jadi ukuran yang 22" itu nantinya akan menjadi lebar tas serut, sementara ukuran 9" akan menjadi tinggi tas serut. Jangan sampai kebalik kayak saya.

Ini mungkin memang keliatan gampang dan sangat obvious (terutama bagi yang berpengalaman). Tapi percayalah, tips ini akan sangat membantu bagi beginner sewer --kayak saya-- yang masih sering bingung untuk memposisikan kain secara baik dan benar.

2. Posisi kain
Nah, setelah kelar acara gunting menggunting, kita masuk ke proses bag constructions. Pastikan kain untuk main exterior diposisikan dengan arah yang berlawanan dimana bagian atas mengarah ke 'interior'.
Seperti ini:


Karena nantinya kain ini akan dilipat jadi dua sehingga posisinya memang harus berlawanan biar hasil akhirnya nggak nungging aja gitu.

Baiklah.
Sekarang udah siap untuk bikin tas serut? 
Bagus. Kalian emang keren.


Happy sewing, ya!

Salam,
Vina Revi

No comments: